Minggu, 29 November 2009

MultiProbiotik Lancarkan Pencernaan

Iman Santoso MPhil dari Departemen Biologi FMIPA Universitas Indonesia mengatakan Saluran Pencernaan Manusia Terdiri Atas 3 Bagian Penting yaitu Lambung, Usus Halus dan Usus Besar.

Usus Besar mengumpulkan sisa makanan yang kemudian akan dibuang melalui anus. Tempat pertumbuhan bakteri, untuk membentuk vitamin B dan vitamin K. Usus Halus menyerap nutrisi makanan untuk membentuk energi (tenaga) dan memperbaiki serta membangun jaringan otot dan tulang. Sedangkan lambung menghancurkan makanan menjadi bagian–bagian kecil, sehingga bisa masuk ke dalam usus halus dan menghancurkan bakteri yang masuk.

Apabila bakteri jahat masuk ke dalam tubuh kita, maka saluran pencernaan tidak akan berfungsi dengan baik. Tidak rutin buang air besar setiap hari juga bisa mengakibatkan penyakit. Karena pembuangan racun dari sisa–sisa makanan yang tertinggal di usus besar.

Di usus halus, bakteri rata – rata berjumlah di bawah 108 per gram spesimen. Sedangkan di usus besar, jumlah bakteri di atas 1010 per gram spesimen. Sehingga dapat disimpulkan, lebih dari Lebih dari 99% jumlah bakteri dalam tubuh tinggal di dalam usus besar. Probiotic seperti Lactobacillus di usus halus bisa unggul dalam jumlah, sehingga memberikan manfaat yang optimal. Sedangkan di usus besar, Lactobacillus jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan bakteri lain (kurang dari 1% nya saja). Untuk itu dibutuhkan probiotic lain yang bisa bekerja lebih optimal. Bifidobacterium adalah Probiotic yang bisa memberikan manfaat optimal di usus besar. Karena jumlahnya di usus besar bisa lebih unggul dibandingkan dengan bakteri jahat seperti E. Coli.

Bakteri baik atau mikroflora yang berguna, membentuk beberapa zat makanan yang penting serta membantu menjaga keseimbangan pH dan menekan jumlah bakteri jahat di dalam usus. Komposisi yang harus dijaga agar tubuh kita sehat adalah 80% Bakteri Baik dan 20% saja Bakteri Jahat. Jika komposisi ini terganggu, maka akan menimbulkan gangguan pada pencernaan dan akhirnya dapat menimbulkan penyakit.

Jadi untuk menjaga agar pencernaan tetap lancar, konsumsilah minuman yang mengandung Multiprobiotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar