Sabtu, 12 Desember 2009

Mata...Mata...

dark circe
Pernahkah Anda memeriksa wajah dengan seksama sehabis membersihkan muka? Biasanya akan timbul sisa maskara dan eyeliner pada bagian bawah mata yang memang harus dibersihkan secara ekstra. Namun, apa yang terjadi? Biarpun telah dibersihkan berulang-ulang, tetapi warna gelap di bawah mata tak kunjung hilang. Setelah diperhatikan secara seksama, ternyata benar, bayangan tersebut adalah dark circles. Kemunculan bayangan hitam di bawah mata kerap kali membuat para wanita frustasi. Betapa tidak, wajah yang bersih, mulus dan cantik berubah seperti rakun, dirusak oleh bayangan gelap tersebut. Sebenarnya apa sih dark circles itu?? Mari kita simak bersama-sama.
Bistered Shadow
Tahukan Anda bahwa area periolbital yang berada di sekitar mata merupakan bagian kulit dari wajah yang paling halus? Seperti bagian kulit yang lain, area ini juga terdiri dari jaringan pembuluh kapiler, yang merupakan pembuluh darah berukuran ekstra kecil. Begitu sempitnya sehingga sel-sel darah merah harus berjejer bergantian, bahkan sampai menekuk untuk dapat masuk ke dalam pipa pembuluh kapiler. Tak heran bila seringkali terjadi kebocoran dari sel darah yang tak berhasil masuk ke dalam pembuluh kapiler. Tapi tak perlu takut kekurangan sel darah merah, karena tubuh memiliki mekanisme alami untuk membersihkan kebocoran ini.
Enzim dalam tubuh bekerja dengan memecah sel darah merah yang tak dapat masuk ke dalam pembuluh kapiler, termasuk hemoglobin atau zat pemberi warna merah pada darah. Proses ini dikenal dengan sebutan hemoglobin oxidizing. Dan saat hemoglobin terpecah, warnanya berubah menjadi merah kebiruan. Inilah yang menyebabkan area bawah mata tampak berwarna kelabu.
Mengapa perubahan warna pada area mata ini terjadi begitu kentara ?
Kulit di area periorbital ini termasuk bagian paling tipis dan sensitif di antara bagian kulit yang lain. Pembuluh darah kapilernya sangat dekat dengan permukaan kulit. Bahkan banyak orang kulitnya tak hanya tipis, tetapi juga lebih transparan. Tak heran bila bagian penggelapan warna makin tampak nyata.

Health Matters
Banyak hal mendorong munculnya bayangan hitam di area mata, termasuk kesehatan. Coba cek kesehatan pada dokter pribadi. Bisa jadi lingkar gelap di area mata disebabkan karena Anda mengalami anemia yang dapat mengindikasikan problem kesehatan yang lebih serius. Bila demikian, segera lakukan tes darah sebagai tindakan antisipasi. Selain itu, dark circles kerap muncul karena faktor keturunan. Jadi alangkah baiknya bila Anda mencari tau mengenai riwayat kondisi ini pada keluarga terdekat.
Bayangan gelap pada mata bisa disebabkan oleh penumpukan karbon ringan akibat kurangnya hydrochloric acid di perut. Hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin B6 serta sam folat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30% dari populasi manusia disinyalir tidak mampu menyerap vitamin B6 dan asam folat seperti 70% yang lain.
Alergi juga kerap kali menjadi penyebab utama yang mendorong timbulnya perubahan warna pada kulit di area bawah mata. Oleh sebab itu, kenali hal-hal apa saja yang menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. Biasanya orang yang memiliki reaksi ini cenderung kekurangan vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 yang mempengaruhi perubahan warna pada area mata. Jadi Anda bisa mengasup multivitamin untuk mengurangi gejala alergi juga penampakan bayangan gelap.
Selain itu, cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurangnya waktu istirahat yang optimal, disertai dengan penyerapan vitamin yang buruk dapat mengurangi fungsi ginjal. Semakin rendah fungsi ginjal, semakin rendah pula vitamin B6 yang diserap. Akibatnya semakin buruk kinerja kelenjar-kelenjar pada organ yang satu ini.
Perfect Solution
Memiliki problem kulit seperti ini tentunya sangat menyebalkan, tapi tidak berarti tidak bisa ditanggulangi. Selain memeriksakan diri ke dokter,  Anda juga bisa melakukan berbagai macam hal untuk mengurangi penampakan lingkar hitam yang membandel. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan krim mata, terutama mengandung vitamin K dan retinol. Banyak kasus munculnya bayangan hitam disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin K. Lagipula, kedua bahan tersebut cukup mampu mengurangi pembengkakan serta perubahan warna pada kulit.
Biasakan untuk tidak menggosok mata. Kegiatan ini, walaupun terasa menyenangkan, namun dapat membuta kulit jadi iritasi dan memecah pembuluh kapiler kecil di bawah kulit. Akibatnya, daerah periolbital di area mata akan membengkak dan warnanya bisa menggelap.
Perhatikan konsumsi garam. Kelebihan garam dapat mengikat air pada bagian-bagian tubuh tertentu. Terlalu banyak makan makanan yang asin dapat melumpuhkan sistem sirkulasi yang mengakibatkan pembuluh  darah bawah kulit akan tampak kebiruan.
Satu lagi, hindari rokok!! Merokok dapat menyebabkan pembuluh darah vaskuler tampak lebih menonjol serta warnanya menggelap. Oleh sebab itu, lebih baik hentikan segera kalau tak ingin lingkaran gelap Anda makin menjadi.
EXtra Treatment
Tambahkan beberapa perawatan ekstra yang bisa dilakukan di rumah untuk menyempurnakan hasil kerja krim mata Anda.
1.Anda bisa menggunakan kantong teh ataupun irisan mentimun. Kedua bahan tersebut dinilai membantu mengurangi peradangan pada daerah mata. Kantong teh sangat baik untuk meredakan pembengkakan di area lingkar mata bawah karena kandungan taninnya. Sementara mentimun memiliki khasiat menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan kulit yng meradang.
2.Salah satu trik mudah adalah dengan meletakkan punggung sendok makan yang telah dicelupkan beberapa detik ke dalam air dingin. kompress area mata dengan sendok sampai terasa agak hangat.
3.Vitamin K memiliki manfaat plus bagi kesehatan kulit, termasuk di daerah mata. Coba konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Vitamin K, seperti bayam, selada, kembang kol, produk susu serta telur.
4.Atau bisa juga memotong ekstrak vitamin E pada dalam kapsul, dan mengoleskan sedikit pada area bawahmata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar